Minggu, 07 Agustus 2011

Botol plastik bisa jadi pembunuh

Waww.. segernya minum air putih dari botol plastik dikala kehausan. Botol plastik, tempat yang sangat ekonomis dan praktis sekali untuk di bawa kemana-mana. Untuk menghemat pengeluaran, tak jarang botol plastik itu dipakai berkali-kali sampai tu botol ilang sendiri atau rusak(dalam keadaan penyok).

Hal ini sangat tidak baik untuk kesehatan, karena bahan plastik botol adalah polyethylene terephthalate or PET. Dimana, bahan ini mengandung zat-zat karsinogen (atau DEHA). Sangat dianjurkan bahwa pemakaian botol plastik hanya 1 kali dan letakkan botol anda jauh dari matahari. Pilih-pilih juga kalau beli botol minuman yaa, kalau kondisi botol sudah berembun dan terkena sinar matahari, lebih baik jangan dibeli. kebiasaan untuk mencuci ulang botol plastik menyebabkan lapisan rusak dan zat karsinogennya bisa masuk ke air yang akan kita minum.

Nah loo, apa itu karsinogen?
Apaan tu, PET?
nah, akan saya bahas Karsinogen adalah bahan penyebab kanker payudara. Awal ketika botol plastik dicetak, bahan tersebut bersifat tidak aktif tapi setelah botol terkena matahari bahkan botol dicuci, maka bahan karsinogen bisa bercampur dengan air. Bahaya kan??
Pemanasan botol tidak hanya terjadi ketika terkena matahari, saat botol disimpan di dalam mobil lebih dari 1 hari itupun berdampak sama.

polyethylene terephthalate atau biasa disebut PET inilah yang mengandung bahan karsinogen. Dulu, air minum kemasan menggunakan bahan PVC (Poly Vinil Chlorida). Bahan ini lebih berbahaya katrena dapat merusak ginjal dan hati namun pada tahun 1980, bahan PVC diganti dengan PET. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai Polyethylene, akan saya terangkan lebih lanjut di bahasan Tugas PFB yaa,,

berbahaya bukan, nah.. Lebih baik Stop penggunaan botol plastik kemasan yang berulang daripada kena Kanker payudara, kanker pada lidah dan macem" kanker lainnya. sebaiknya menggunakan botol yang berbahan kaca atau stainless stell (botol yang memang bisa digunakan berulang-ulang)

Memang, sangat sukar menghilangkan bahan karsinogen (BPA). bahan ini seringpula di botol bayi dan botol plastik. Beberapa produk plastic ditandai dengan angka didalam suatu segi tiga kecil atau biasanya mempunyai angka 7 didalam segitiganya mengindikasikan bahwa plastik itu mengandung BPA .

Saat ini sudah banyak perusahaan yang menghindari Karsinogen pada produknya. Kalau kita ingin menghindari bahan Karsinogen pada alat rumah tangga kita, cara yang bisa ditempuh aadalah memeriksa dasar botol atau peralatan plastic lain dan membuka website dari perusahaan itu.semestinya botol air mineral tidak mengandung bahan karsinogen
Ayoo hidup sehat dan Jangan Malas Hidup Sehat!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar