Jumat, 26 November 2010

Pelangi hidup

berada di kamar kos, sendiriran kadang terasa sepi dengan kondisi perut keroncongan dan kamar bak lautan kertas. hehe..(prolog yang tragis rupanya..)

baru tergugah untuk menulis ketika melihat Blog saya yang lagi nganggur selama berabad-abad kayaknya..
macam" tulisan ingin ku toreh disini, dengan backsoud lagu OST GIE yang dibawakan oleh okta feat Eross

sampaikanlah pada ibuku..
aku pulang terlambat waktu..
ku kan menaklukan malam dengan jalan pikiranku

sampaikanlah pada bapakku
aku mencari jalan atas keresahan" ini..
kegelisahan manusia..
rataplah.. malam yang dingin..

tak pernah berhenti berjuang..
pecahkan teka-teki malam..
tak pernah berhenti berjuang..
pecahkan teka-teki keadilan.. huu

berbagi waktu dengan alam..
kau akan tahu siapa dirimu yang sebenarnya..
hakikat manusia..

akan ku telusuri jalan yang setapak ini..
semoga ku temukan jawaban.. jawaban..


tau lagu ini kan? lagu ini sebagian menggambarkan retorika hidup saya saat ini. hidup memang layaknya pelangi..spektrum cahaya yang dibiaskan penuh dengan teka-teki.. ya, pelangi dan teka-teki.

hidup penuh teka-teki. hari ini kita bahagia, entah apa yang kita rasa setelah 2/ 3 jam lagii.hidup butuh motivasi untuk mencerahkan warna-warna hidup.

akan ku telusuri jalan yang setapak ini..
semoga ku temukan jawaban.. jawaban..


bermula dari bait itu, ku sedang menelusuri jalan hidup melawan arus, menantang waktu (hhee.. lebay..). terkadang saya ragu, apakah jalan yang sudah ku telusuri ini sudah benar??apakan hal kecil yang ku lakukan kini sudah tepat? entah aku tak bisa menjawab.

bermula ketika aku masuk FISIKA FMIPA ITS sambil berbisnis untuk menambah uang saku (biar ga minta-minta mulu ke ortu.. hehee). cegahan dari ortu datang tapi arus semangat ku semakin besar. ku yakin hal yang ku lakukan ini tak sia-sia kawan. banyak kawan yang mengatakan "sepertinya kamu lebih cocok di jurusan ekonomi atau STIE daripada ke fisika." ungkapan ini membuatku sedikit bimbang. bimbang yang menjadikan warnaku sedikit redup. tapi kujadikan kata-kata ini sebagai motivasiku. saya pasti bisa di fisika, salah satu ilmu Sains yang dapat mencengangkan dunia melalui hukum-hukum sains. berbagai argumen dan mimpi-mimpi ku lontarkan untuk meyakinkan diriku.
Ya.. sekarang aku yakin!! dengan fisika, q bisa rubah duniaku..memang, q bukan tergolong mahasiswa pintar seperti teman-temanku di jurusan. tapi biusan dari beberapa dosen membuatku ingin lebih mengenal fisika. masih teringat ungkapan salah satu dosen, Bpk. Gatot yang mengatakan "semakin kamu mengenal fisika, semakin kamu mengenal dirimu" . diriku yang tergabung dari beberapa atom, partikel dan bermassa. permainan fisika begitu membuatku tercengang ketika sekelumit cerita tentang paradoks kembar, alat-alat instrumentasi, sensor, dsb.

aku mencoba flashback kapan aku mengenal istilah enterpreneur? kapan aku mencoba berani melangkah untuk mandiri? kapan aku masuk dalam predikat mahasiswi enterpreneur ITS? kapan aku mulai percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan luar? kapan aku mulai terjun dalam media pers? kapan aku mulai bisa lebih dekat dengan alam? . jawabannya ketika aku menjadi mahasiswa fisika FMIPA ITS.

berbagai rancangan hidup yang berkesinambungan dengan FISIKA telah q rangkai. dengan memulai usaha yang berhubungan dengan fisika, menjadi pengajar fisika, dan semoga bisa berjalan-jalan ke luar negeri khususnya Prancis bersama fisika(aminn..)

semoga bersama fisika, ku bisa mencapainya.

tak berhenti sampai disitu, praktikum menjadi hal yang menyebalkan bagi mahasiswa Fisika. menyebalkan dari sisi waktu, 1 sks tapi menghabiskan 5-6jam. tak hanya waktu, tenagapun ikut tergerus ketika membuat laporan,jurnal, menjawab tugas pendahuluan(tahap ini benar-benar memeras otak apalagi kalau "Lupa jawabannya"). tapi, ini kenikmatan atau taste dari praktikum. pikirku, tanpa praktikum pasti ku tak bisa apa" hanya tau fisika dari sisi luar. praktikum juga menjadikan kita sebagai manusia pekerja keras, lebih mengetahui seluk-beluk fisika. dan pintar memanage waktu . so, sebagai manusia jangan sampe tidur 8 jam hanya menghasilkan air liur bahasa jawanya "iler". tidurpun pikiran jangan ikut tidur. hehe..

sangat menyebalkan ketika kami mahasiswa fisika di nomor 2 kan, tapi kembali berfikir positif kami mahasiswa fisika bisa Kuat karena kelemahan yang ada. pasti bisa lebih kreatif dengan kelemahan tersebut. inilah bait yang mewakili perasaan saya di fisika

tak pernah berhenti berjuang..
pecahkan teka-teki malam..
tak pernah berhenti berjuang..
pecahkan teka-teki keadilan.. huu


setelah berkutat dengan mata kuliah, saya juga memberitakan kegiatan-kegiatan yang ada di kampus ITS. berita ersebut diekspos di tv streaming EUREKA TV (tv.its.ac.id). kegiatan organisasi juga saya ikuti, diantaranya UKM WET, dan Himpunan mahasiswa Fisika. saya pun melaju pula ke dalam komunitas KOMmMBIS (Komunitas Mahasiswa Memulai dan Membina Bisnis) dan kombong (komunitas mahasiswa FMIPA yang suka robotika). hal ini kulakukan untuk menambah cerita jalan hidupku.


terkadang bosan dan pusing menimpa, (beuh) aku mencari kegiatan yang sekiranya buatku havefun awalnya dengan berbisnis dan kegiatan latihan selam.

berbisnis memang menyenangkan ketika mencari->menawarkan-> menjualkan-> membantu-> menyenangkan orang lain dengan produk yang ku miliki banyak tersenyum ke pelanngan pastinya. tapi setiap hal pasti ada kesulitan bukan. ya, kesulitan ketika mengkoordinasi Tim, kesulitan merekap penjualan, kesulitan ketika mengembalikan uang ke investor. dan kesulitan lainnya.. kembali mensugesti otakku jadikan kesulitan sebagai tantangan. pastinya esok q temukan permasalahan(upss jangan katakan "MASALAH" tapi "TANTANGAN") yang lebih kompleks dan saat ini saya harus belajar dari permasalahan kecil. memajukan 3 usaha memang tak gampang harus pintar membagi otak. hehe.. saya YAKIN PASTI BISA. itu jalan hidup yang harus ku jalani jangan sampai keluar dan tidak bertanggung jawab.

latihan selam dengan dasar pembelajaran renang, menjadikan ku memilih hal tersebut. saya hobby renang, saya pun ingin melestarikan terumbu karang. dengan menyelam, pastinya saya dapat melakukan hal ini. ketika bertumbukan dengan air, menghantam tekanan air yang lebih besar dari tekanan tubuh saya, saya merasakan sensasi yang menyegarkan. seketika itu, tantangan hidup serasa ringan, lebih tersenyum lagi pastinya :).

berbagi waktu dengan alam..
kau akan tahu siapa dirimu yang sebenarnya..
hakikat manusia..


saya mengklaim bahwa kegiatan" tersebut pasti dapat saya kombinasikan dalam kehidupan saya. interaksi dengan orang lain semakin banyak, pengalaman pun semakin melimpah. pastinya waktu saya lebih bermanfaat dan jarang nganggur atau pulang ke rumah. hingga lirik ini, ,mewakili perasaan saya.

sampaikanlah pada ibuku..
aku pulang terlambat waktu..
ku kan menaklukan malam dengan jalan pikiranku

sampaikanlah pada bapakku
aku mencari jalan atas keresahan" ini..
kegelisahan manusia..


resah-gelisah karena saya mencari jati diri saya untuk membangun masa depan yang saya inginkan. pasti bisa!!


akan ku telusuri jalan yang setapak ini..
semoga ku temukan jawaban.. jawaban..



ku ciptakan pelangi di hidupku
ku warnai seindah senyum dan hentakan langkahku.. :)